Open House Dharma Negara Business & Informatics School

Kegiatan kunjungan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh STIE Dharma Negara Business & Informatics School (DNBS) khusus siswa-siswi SMU/SMK kelas 3 menjelang UAN , kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama STIE Dharma Negara dan seluruh SMU/SMK yang berada Dibandung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar siswa/siswi SMU/SMK dalam menempuh pendidikan serta mempererat jalinan kerjasama antara STIE  Dharma Negara Business & Informatics School, selain itu diisi juga dengan acara training MSQ untuk pemantapan pilihan dalam memilih perguruan tinggi serta kesiapan dalam menghadapi UAN dan SPMB.

It Is A Beautiful Thing When A Career & A Passion Come Together

Tunjukan bahwa kamu lebih hebat dari mereka. Kamu bisa membayar kuliahmu sendiri, membeli buku sendiri dan yang pasti jajan pake uang sendiri. Nggak melulu minta sama orangtua, kakak ipar, sepupu, atau saudara senenek moyang.

Guys… Gak banyak yang bisa melakukan ini kecuali kamu yang memang terpilih. Itu artinya kamu bisa dan kamu spesial untuk dirimu sendiri.Walau terkadang kamu sedikit merasa iri dengan mereka yang masih dapat jatah bulanan, jatah bonus mingguan dan tambahan uang jajan, plus uang buat pacaran. Tetapi kamu tak perlu merasa benar-benar iri guys. Kamu jauh lebih hebat dibanding mereka yang masih meminta dan menunggu jatah jajan. Kamu mandiri walaupun itu terlalu dini untuk usiamu saat ini.

Mandiri muda lebih baik dari pada terlambat dewasa, bukan?

Walau sibuk dengan pekerjaan yang menuntut kamu tetap harus fokus pada kuliah. Ingat bahwa tujuan utama kamu adalah untuk belajar, menjadi mahasiswa yang baik, syukur-syukur lebih baik lagi dari teman-teman yang hanya sibuk kuliah. Aamiin.

Dan jangan malu untuk mengakui kesibukanmu ketika kawan kampus mengajak hang-out. Jangan malu menyebutkan profesi sementara yang sedang kamu sandang. Sesungguhnya, apapun pekerjaanmu-asalkan berlebel halal-itu tak pernah jadi masalah. Hidup itu belajar dan belajar, kita selalu memperbaiki kualitas diri.

Inilah hal yang patut kamu banggakan dari diri kamu sendiri sebagai mahasiswa setengah pekerja.

1. Kamu cukup kuat untuk menghadapi ini. Kamu bisa lebih dari dirimu saat ini. You must believe it!

Berhentilah mengeluh, tak ada gunanya.

Kamu bisa belajar banyak dari ini. Ingat bahwa Tuhan memilih orang-orang terbaiknya untuk memikul beban yang lebih berat dari yang lain. Itu artinya kamu adalah manusia pilihan. Walau bukan mahasiswa kesayangan dosen kampus, tetapi kamu telah menyandang gelar sebagai mahasiswa teladan karena sudah bisa membiayai hidup sendiri.
Tetap tegar dan semangat, kawan.Jangan jadi anak manja. Buatlah orang terispirasi olehmu karena sibuk dengan dunia yang sedang kau kejar saat ini, tetapi kamu juga jangan melewatkan kesempatan untuk amalan akhirat yah. Dua hal itu jelas harus imbang.

2. Menambah koneksi dengan mudah. You must smile and enjoy it!

Dengan bekerja lebih awal, maka kamu akan lebih banyak kenalan. Bukan hanya teman satu fakultas, satu kampus, tetapi juga teman-teman pekerja yang usianya berbeda jauh denganmu.Setiap orang tidak sama, kamu juga bisa belajar mengenali karekter orang lain. Suatu saat nanti kamu membutuhkan ini untuk menarik simpati orang. Semisal kamu sedang membuka usaha dan kamu harus paham dengan berbagai watak manusia guna memprosikan suatu produk. Jika kamu memiliki pengalaman ini, maka kamu tinggal menambahkan bumbunya saja.Pengalaman kamu itu sangat berharga dan ini sangat menguntungkan bagi masa depanmu. Berinvestasi tidak dengan uang saja, tetapi juga waktu dan pengalaman luar biasa.

3. Setelah lulus kamu tidak akan kebingungan.

mau jadi apa saya ?
Kalau bosan menjadi pegawai yang menerima gaji bulanan maka jadilah pengusaha. Sambil berkerja mungkin saja kamu bisa menabung untuk membangun usaha sederhana setelah wisuda. Bukankah ini ide yang sangat baik?

Kamu gak bingung dengan masa setelah wisuda, karena kamu gak main-main sama kuliahmu.

Kalaupun tetap mau jadi pegawai di perusahaan, maka kamu akan mendapat poin tambahan. Kamu punya pengalaman dan wawasan yang lebih luas ketimbang teman-teman yang baru lulus dan belum pernah mencoba untuk berkerja. So, keep spirit!

4. Mending sibuk mengejar cita-cita yang seabreg dari pada lelah mencari pacar di usia muda.

Guys, kata Oom Mario Teguh “Jodoh ngikutin sukses, bukan sukses yang ngikutin jodoh.”

Jangan pikirkan apapapun kecuali kamu dan impianmu. 
Termasuk lupakan nama-nama mantanmu. Don’t even look back!
Mereka yang pergi tidak pernah akan kembali. Okay?

Tidak usah terburu-buru untuk jatuh cinta. Kamu masih harus mengejar mimpi-mimpimu yang sibuk melayang karena belum mau mendarat. Nah, lho, mimpi aja gak mau mendekat kalo kamu masih gini-gini aja, apalagi pacar?

Kamu masih boleh jatuh cinta kok, pada hal-hal ini tentunya: jatuh cintalah pada hal-hal baru yang bermunculan dalam perjalananmu, juga pada perubahan kecil dan sederhana yang ternyata lebih membuatmu nyaman. Termasuk jatuh cinta pada jenis pekerjaan yang sedang kamu lakukan dan pada mata kuliah yang paling ingin kamu hindari. Kamu masih perlu banyak belajar lagi, guys.

5. Bebas

Meskipun kamu punya segudang tekanan dalam pekerjaan tetapi kamu juga memiliki kebebasan untuk lebih banyak berkembang. Lingkungan mempengaruhi daya pikirmu dalam memandang masa depan. So, rencanakanlah matang-matang.

Kamu harus meluangkan waktu untuk pikiranmu, berkarya,dan bebaskan. Gali idemu dan kenali dirimu lebih dalam. Lihatlah dirimu saat ini dan pikirkan apa yang akan kamu dapat esok nanti. Usahakan itu sekarang dengan rencana yang matang.

Ingat bahwa rencana yang matang tak harus sempurna, pasti banyak hal yang menghalangi langkahmu. Tetapi rencana yang matang sudah pasti akan membantumu meraih sukses yang sebenarnya. Sukses dengan pemikiranmu yang bebas. Kamu mau jadi apapun, itu terserah kamu. So, do it better.

Motivasi Supaya Semangat Kuliah

Kamu sekarang sedang berada di kelas kuliah yang padat dengan segala praktikum, penelitian, dan tugas berjibun? Tenang saja, kamu tidak sendirian. Setiap anak juga merasakan hal yang sama. Jika dilihat dari langkah yang diambil, barangkali kamu memang perlu dimotivasi dengan mindset bahwa belajar itu menyenangkan. Bahkan ketika kamu lebih ingin bermain bersama teman, tuntaskan dulu tugas yang telah diberikan. Berikut ada beberapa pengingat yang bisa memotivasimu buat lebih terdorong semangatnya saat tugas datang bersamaan.

1. Memulai belajar tidak mudah, coba ingat kembali tujuanmu kuliah

Bagi sebagian orang, memulai pekerjaan adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Bawaannya ingin menunda dan terus mencari pengalihan lain agar tidak segera diselesaikan. Padahal jika sudah proses pengerjaan, apa yang dilakukan kadang justru membuat lupa waktu. Saat kamu mulai merasa malas atau terbebani dengan banyak tugas kuliah datang, cobalah kembali untuk mengingat apa tujuan kamu kuliah. Mungkin sedikit klise, namun ini akan jadi trigger kamu karena tidak ada kesuksesan yang diraih dengan malas-malasan. Semua butuh kerja keras, dan salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengingat terus cita-citamu.

2. Buat reward sendiri setelah berhasil mengerjakan

Dalam ilmu psikologi, ada istilah reinforcement dan punishment untuk membentuk suatu perilaku yang diinginkan. Jika kamu ingin membuat belajar atau mengerjakan tugas itu jadi kebiasaan yang dilakukan secara otomatis, buatlah penghargaan diri sendiri saat sudah berhasil melakukannya.Kamu bisa mendapatkan atau melakukan hal yang kamu inginkan setelah menyelesaikan tugas tertentu. Hal ini cukup direkomendasikan karena pada dasarnya orang akan cenderung mengulang sesuatu yang membuatnya senang.

3. Bersyukur karena ada banyak orang yang belum berkesempatan kuliah

Lingkaran pergaulan dan keadaan nyaman yang kamu rasakan sekarang bukan berarti juga dirasakan setiap anak di usiamu. Jika kamu bisa lebih membuka mata, banyak sekali anak yang belum memiliki kesempatan sama untuk mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Kamu termasuk orang yang beruntung, kamu justru bisa bersyukur dan lebih semangat lagi untuk meraih cita-cita. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan lebih giat lagi dan menerima setiap tugas dengan senang hati. Ada banyak hal baik datang saat kamu bekerja lebih tekun untuk dirimu sendiri, sebaliknya juga demikian.

4. Ingat harapan orangtua di rumah

Sesaat setelah kamu menghela nafas panjang karena tugas kuliah yang berasa tiada habis, kamu bisa mengingat lagi harapan atau amanah yang sudah diberikan orangtua di rumah. Kamu dipercaya oleh ayah dan ibu untuk menjalankan tugas mencari ilmu. Ada benarnya jika hal itu kamu lakukan dengan maksimal sehingga akan bermanfaat bukan hanya bagi dirimu, tapi juga mereka di rumah. Bayangkan saja jika orangtua tahu kamu malas padahal mereka sudah memberikan kepercayaan penuh padamu. Ada banyak hal yang memang tidak ingin kamu lakukan namun itu sebenarnya baik bagimu, tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan.

5. Buat diri nyaman sebelum belajar

Tipe belajar orang berbeda-beda. Temukan bagaimana caramu tetap nyaman saat belajar. Lakukan hal-hal yang membuatmu nyaman seperti menyiapkan kondisi tempat belajar yang kondusif, menyiapkan buku atau jurnal yang kamu suka, atau diskusi dengan dosen dan teman di kampus. Setiap orang memang berbeda dalam menyerap ilmu atau informasi yang masuk, cuma kamu sendiri yang tahu bagaimana cara mendapatkan dan menerapkannya agar belajar jadi lebih asyik serta tidak membuat kamu bosan.

6. Jika terus menunda, pekerjaan justru semakin menumpuk dan terbengkalai

Hindari untuk terus melakukan penundaan dengan berbagai alasan. Cukup terima saja kewajibanmu sebagai mahasiswa, maka kamu akan semakin mudah menjalankannya. Sekali waktu refreshing terlebih dahulu jika dirasa sudah suntuk. Dengan hal ini, kamu juga bisa memanajemen waktu yang terbatas agar tetap seimbang antara bermain dan belajar. Tidak setiap mahasiswa bisa cocok dengan materi, cara dosen membimbing, atau ritme kehidupan kampus. Tapi itu bukan menjadi alasan untuk mangkir dari kewajiban sebagai mahasiswa. Bagaimanapun juga, kamu akan mendapat ilmu yang bisa kamu manfaatkan setelah kuliah di kehidupanmu nanti.

7. Jangan Lupa Berdoa Kepada Tuhan.