10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Gajinya

Buat Kamu yang akan masuk kuliah tahun ini dan berencana mengambil jurusan ilmu ekonomi, Kamu juga perlu tahu nih prospek kerja ilmu ekonomi setelah lulus nanti. Dengan begitu ketika nanti ketemu tante, budhe, om, pakdhe, atau bahkan calon mertua, bisa jawab ketika mereka bertanya “jurusan Kamu nanti kerjanya jadi apa?”.

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis investasi jangka panjang

Tahukah Quipperian, jika Maudy Ayunda dan Gita Gutawa adalah lulusan jurusan Ilmu Ekonomi? Apa saja ya yang mereka pelajari selama kuliah? Jika Quipperian ingin belajar Ilmu Ekonomi, kalian akan fokus pada upaya pengalokasian sumber daya yang terbatas dan memperoleh keuntungan optimal. Selain itu, kamu juga akan mengeksplorasi upaya pemberdayaan ekonomi. Dewasa ini, tren pembelajaran Ilmu Ekonomi mulai banyak yang mengarah pada behavioral economics lho. Selain itu, mulai berkembang pula crime economics, jadi kamu bisa melakukan analisis terhadap permasalahan hukum yang ditinjau dari sisi ekonomi. Menarik kan?

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan matematika
  • Kemampuan observasi terhadap masalah sosial-ekonomi
  • Kemampuan berpikir logis dan terstruktur
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan menganalisis
  • Kemampuan menyelesaikan persoalan

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi

EKONOMI : Bappenas Ikuti Langkah BI Pangkas Proyeksi Pertumbuhan ...
  1. Lulusan Ilmu Ekonomi sangat dibutuhkan di pemerintahan sebagai analis, karena nantinya kamu akan memiliki peranan yang cukup penting dalam roda perekonomian negara, baik di sektor fiskal maupun moneter.
  2. Bagi kamu yang suka melakukan observasi masalah sosial-ekonomi dan meneliti perilaku individu, cocok sekali dengan jurusan ini, mengingat banyaknya lembaga penelitian yang membutuhkan lulusan Ilmu Ekonomi.
  3. Seiring dengan semakin terbukanya keran globalisasi dan semakin terintegrasinya negara-negara di dunia, maka lulusan Ilmu Ekonomi juga sangat dibutuhkan dalam perdagangan internasional.
  4. Salah satu lembaga bergengsi yang banyak membutuhkan lulusan Ilmu Ekonomi adalah Bank Indonesia, nggak ketinggalan deretan lembaga keuangan internasional lain seperti World Bank, International Monetary Fund, Asian Development Bank, dan lainnya.
  5. Pilihan fokus studi di jenjang pascasarjana juga sangat beragam lho.

Peluang karier yang menanti lulusan Ilmu Ekonomi banyak banget, mulai dari institusi dalam negeri hingga institusi asing. Jenis pekerjaan dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Soal gaji, jangan khawatir karena dijamin kompetitif kok! Tentunya rentang gaji bergantung pada level pekerjaan yang dimasuki, area tempat bekerja, kemampuan, serta pengalaman yang dimiliki. Meski umumnya, pilihan karier yang utama bagi lulusan Ilmu Ekonomi biasanya di sektor keuangan namun pada dasarnya banyak potensi yang bisa kamu kembangkan bahkan Quipperian juga bisa bekerja di sektor media maupun kreatif. Berikut berapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:

Mengenal 10 Prinsip Ekonomi yang Berlaku Secara Luas
  • Ekonomi
    Ekonom ini kerjanya melakukan penelitian untuk memecahkan masalah ekonomi yang ada. Karena tugasnya di bidang penelitian, biasanya dunia yang digeluti tidak jauh dari akademisi. Kamu bisa menjadi analis ekonom atau menjadi profesor. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta.
Jadikan Ekonomi Digital Solusi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ...
  • Juru taksir
    Juru taksiratau disebut juga Appraiser mempunyai tugas untuk menentukan nilai sesungguhnya dari suatu properti. Selain properti, juru taksir biasanya juga bertugas untuk menetapkan pajak. Juru taksir dibutuhkan di perusahaan yang menawarkan jasa gadai. Rata-rata gajinya adalah Rp 5juta.
Gadai swasta wajib memiliki juru taksir
  • pengajar bisnis
    Sesuai dengan namanya, pengajar bisnis memiliki tugas mengajar bisnis. Kamu bisa menjadi pengajar bisnis di suatu instansi pendidikan formal maupun non formal. Biasanya topik yang diajarkan adalah akuntansi, keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan pemasaran. Kalau Kamu suka mengajar sekaligus tertarik dengan ilmu ekonomi, Kamu bisa banget memilih pengajar bisnis menjadi karir Kamu setelah lulus. Rata-rata gajinya adalah Rp 1juta – Rp 4juta.
Soal Tenaga Pengajar Asing, Menristekdikti Tekankan Tak Perlu ...
  • Akuntan
    Akuntansi termasuk salah satu bagian dari ilmu ekonomi. Seorang yang menggeluti profesi ini disebut dengan akuntan. Tugasnya adalah menyusun laporan keuangan dan menganalisa informasi keuangan yang masuk. Semua perusahaan membutuhkan akuntan untuk menyusun laporan keuangan karena itu, profesi ini bisa menjadi prospek kerja ilmu ekonomi yang menjanjikan untukmu. Dari laporan ini, perusahaan bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan dan juga bisa menjadi acuan untuk pengambilan kebijakan-kebijakan. Rata-rata gajinya adalah Rp 3.5juta – Rp 7juta.
Berbagai Karakter yang Dimiliki oleh Seorang Akuntan - bernas.id
  • Analis manajemen bisnis
    Analis manajemen bisnis mempunyai tugas menganalisa prosedur, desain sistem operasional, dan sistem lainnya dalam suatu perusahaan/organisasi agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif. Yang termasuk pekerjaan analis manajemen bisnis ini adalah analisa program, konsultasi manajemen, dan analis bisnis. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 7juta.
Pentingnya Analisa Pasar yang Tepat untuk Kesuksesan Bisnis - Jurnal
  • Pemeriksa keuangan
    Pemeriksa keuangan berbeda dengan akuntan. Akuntan mempunyai tugas menyusun laporan keuangan. Sedangkan pemeriksa keuangan bertugas memeriksa dan memastikan sebuah transaksi atau dokumentasi keuangan sudah sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
    Peraturan ini berlaku untuk lembaga keuangan, sekuritas, transaksi keuangan, dan real estate. Jika Kamu adalah seorang yang teliti, Kamu bisa menjadikan ini sebagai prospek karir masa depan Kamu. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 7juta.
Atasi Beragam Modus Penyimpangan Keuangan Negara, BPK Bentuk ...
  • Pemeriksa Dan Pengumpul Pajak Dan Agen Revenue
    Tugasnya adalah menetapkan kewajiban pajak dan mengumpulkan pajak dari individu atau suatu perusahaan. Jabatan yang ditawarkan dari jenis profesi ini salah satunya adalah auditor pajak. Rata-rata gajinya adalah Rp 5juta.
Kode Etik Pemeriksa Pajak, Perlukah? | Direktorat Jenderal Pajak
  • Pegawai Pajak/Pegawai Persiapan Pajak
    Prospek kerja ilmu ekonomi jenis ini sering Kamu temukan di kantor-kantor pajak sebagai pegawai pemerintah. Tugasnya adalah segala hal yang terkait dengan pajak, mulai dari memastikan pengisian dengan benar hingga menghitung besaran pajak yang dibebankan kepada individu atau perusahaan. Rata-rata gajinya adalah Rp 3.5juta – Rp 7juta.
Cara Lapor SPT Pajak Secara Online | Analisa Aceh
  • Auditor
    Profesi ini hampir sama dengan akuntan. Bedanya, akuntan lebih ditekankan pada pencatatan keuangan atau arus keluar masuk kas. Sedangkan auditor bertugas menganalisis laporan keuangan dengan tujuan mengambil kesimpulan apakah laporan keuangan yang ada wajar atau tidak. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 7juta.
Mau Menjadi Professional IT Auditor, Saatnya Sertifikasi CISA ...
  • Analis Riset Operasional
    Profesi ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Tugas analis riset operasional adalah melakukan riset atau analisis untuk membantu manajamen dalam pengambilan kebijakan. Rata-rata gaji Rp 4.5juta – Rp 7juta.Nah, sekarang Kamu sudah tahu 10 prospek kerja ilmu ekonomi beserta besaran gajinya. Sekarang saatnya Kamu menentukan untuk memilih jenjang karir yang sesuai dengan minat Kamu.
Pengertian Analisis Bisnis Menurut Para Ahli, Manfaat, Komponen ...

2 Komentar pada “10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Gajinya”

  1. Wah ternyata ada banyak ya peluang atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi

    1. Banyak peluang nya kak insya allah untuk lulusan Ekonomi Baik itu di sektor Pemerintahan atau Non Pemerintahan juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *